RAGAM INFO
DAI KAMTIBMAS DI JATIM :
Jumat, 18 September 2009

Kapolda Jatim Melantik 99 Da'i Kamtibmas Polda Jatim



SURABAYA:
Polda Jatim di bawah kepemimpinan Irjen Pol. Drs. H. Anton BachrulAlam.SH. sangat bernuansa religi, Kapolda yang rajin memberi ceramahagama di masjid maupun di radio ini kemarin petang (17/9) melantik 99Da'i Kamtibmas sebagai Da'i dibawah pembinaan Biro Bina Mitra PoldaJatim.

Bertempat di Empire Palace kemarin, Kapolda Jatimmelantik sebanyak 99 Da'i kamtibmas, para ulama tersebut berasal dariberbagai kalangan, paling banyak merupakan pengasuh pondok pesantren (ponpes ), pembina jamaah keagamaan, serta pemimpin majelis taklim yangtersebar di provinsi. Total 99 ulama yang ditunjuk oleh Polda Jatimsebagai mitra dakwah. 99 dipilih karena mencerminkan Asmaul Husna (sifat Allah SWT). ” Dan untuk mencari siapa saja yang layak masuk tidak gampang,” tutur Kapolda Jatim.

Maklum,ada beberapa kriteria yang diminta Kapolda terhadap sosok Da’i Polda.selain benar-benar handal dalam kajian keagamaan, ulama itu harus bisamenjadi pengayom. Tidak gampang meledak (emosi) dan tidak terlalu vokal.

Selain itu, ulama itu juga memiliki pemikiran yang obyektif. Sebab,
saat ini tidak sedikit ulama yang kerap menjelek-jelekkan keberadaan
aliran lain. ”Apalagi, tugas Da’i Polda Jatim tidak mudah,”.

ParaDa’i Polda Jatim ini bakal menjadi koordinator pembentukan forum serupadi semua jajaran Polda se-Jatim. Nantinya, masing-masing perwakilankabupaten/kota akan membentuk forum serupa di tingkat Polresta. Nanti,masing-masing Polres akan punya da’i Polres. Dari situ juga akanberlanjut hingga ke tingkat Polsek.

Namanya juga Da’i Polda,mereka juga bertugas sebagai pendamping kegiatan bertema kamtibmas yangdigelar oleh Polda maupun jajarannya.”Nantinya, tiap triwulan akan adakegiatan keagamaan keliling. Untuk lokasinya dipilih Polda. daerah manayang paling layak,”­ tuturnya.

Selain itu, para Da’i Polda ini juga bakal diajak untuk penyuluhan ke
daerah-daerahterkait program-program instansi ini. Karena itu, mereka yang dipilihpun benar-benar para ulama yang memiliki ‘pengalaman’ dilapangan.Sebab, tidak selamanya tugas ini gampang. Alhamdulillah masyarakatsangat menerima keberadaan para Da’i Kamtibmas mitra polisi.

Tak hanya itu, mereka juga harus kuat mental. Maklum, yang mereka
hadapiadalah semua kalangan. Paling banyak tentu yang berhubungan dengantindak kriminalitas dan perbaikan kondisi mental masyarakat (takterkecuali aparat) yang masih perlu diperbaiki. ”Selain itu, sebagaipolisi, fungsinya tidak hanya pengamanan. Mereka juga harus bisamenjadi bagian perbaikan mental. *** Polda / Humas / Candra / Pri / Boby / Heru


BERITA RAGAM INFO LAINNYA
Lihat Berita Lainnya »
SUARA RAKYAT
P : Ijin pak?Terimakasih sebelumya.Untuk pendaftaran scaba polri gelombang 2 tahun 2010 untuk polda jambi ada tidak ?Dan kalo tidak ada apakah polda daerah yg lain ada?Apakah semua polda indonesia tidak sama jadwal penerimaannya pak?
J : _maret 20 11