RAGAM INFO
MENDAGRI BERHARAP SOSIALISASI CALEG TAK MELULU JUAL TAMPANG
Senin, 26 Agustus 2013

Mendagri Berharap Sosialisasi Caleg tak Melulu Jual Tampang

Mendagri Berharap Sosialisasi Caleg tak Melulu Jual Tampang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terobosan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang membatasi alat peraga dan penerapan zona pemasangannya, baik untuk partai politik dan calon legislatif, mendapat apresiasi Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Gamawan berharap, dalam Pemilu 2014 tak ada lagi istilah caleg sampai merogoh kocek dalam-dalam demi menyosialisasikan dirinya dikenal publik, dengan memajeng wajahnya lewat spanduk, banner, atau baliho di banyak tempat.

"Sosialisasi itu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, misalnya melalui radio, koran, jejaring sosial. Jadi, caranya lebih cerdas lah, tak hanya memanfaatkan gambar," ujar Gamawan di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin (26/8/2013).

Menurut Gamawan, aksi caleg pasang spanduk di banyak tempat sudah lewat masanya, dan itu bukan hal utama. Jauh lebih penting jika sosialisasi mampu meningkatkan pendidikan dan pemahaman masyarakat soal politik, yang dapat meningkatkan partisipasi mereka dalam memilih.

"Memang saya berharap (caleg) tidak jorjoran seperti pemilu selama ini. Yang penting kan sosialisasinya, bukan siapa yang paling banyak memasang baliho, spanduk, tapi memberikan pendidikan politik ke masyarakat," tuturnya.

Gamawan mengaku, pemerintah belum mengetahui pasti Peraturan KPU soal batasan pemasangan alat peraga kampanye partai politik dan caleg, apalagi sampai ada penerapan zonasi. Saat ini, pemerintah menunggu koordinasi dari KPU sebagai empunya peraturan.

Ia memastikan, PKPU demi mendukung proses pemilu yang demokratis, aman, dan tenteram, akan didukung pemerintah sejauh KPU melakukan koordinasi. Jika aturannya jelas, pemerintah tinggal menindaklanjuti sosialisasinya ke pemerintah daerah.

"Pemilu arana pendidikan politik, sehingga bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman masyarakat tentang berdemokrasi. Sarana itu ada lewat pemilu, bukan sekadar gambar, melainkan ada pendidikan politik di dalamnya," papar Gamawan mengingatkan.

Saat ini, KPU sudah merampungkan tiga PKPU terkait kampanye, dana kampanye, dan logistik pemilu. Peraturan ini sebentar lagi akan disahkan dan menunggu penomoran oleh Kementerian Hukum dan HAM. (*)

Sumber: tribunnews.com

BERITA RAGAM INFO LAINNYA
Kamis, 24 Juli 2014
Kamis, 24 Juli 2014
Lihat Berita Lainnya »
SUARA RAKYAT
P : Ijin pak?Terimakasih sebelumya.Untuk pendaftaran scaba polri gelombang 2 tahun 2010 untuk polda jambi ada tidak ?Dan kalo tidak ada apakah polda daerah yg lain ada?Apakah semua polda indonesia tidak sama jadwal penerimaannya pak?
J : _maret 20 11