KASUS la-lin
RUTE FEEDER BUSWAY BOGOR - RAWAMANGUN
Rabu, 6 Maret 2013

Inilah Rute Feeder Busway Bogor - Rawamangun

Rabu, 6 Maret 2013 | 16:48 WIB

Jakarta - Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) jurusan Rawamangun - Bogor, hari ini mulai beroperasi. APTB Rawamangun - Bogor ini terintegrasi dengan dua koridor bus TransJakarta, sehingga warga yang tinggal di wilayah Bogor dan sekitarnya bisa dengan mudah mengunakan moda transportasi umum itu.

Dalam rute APTB Bogor-Rawamangun tersebut meliputi wilayah Terminal Bubulak Bogor - Jalan Soleh Iskandar - Bogor Outer Ringroad - Tol Jagorawi - Halte Busway Cawang UKI - Halte Cawang Sutoyo - Halte Penas Kalimalang - Halte Cipinang Kebon Nanas - Halte Pedati Prumpung - Halte Stasiun Jatinegara - Halte Ahmad Yani Bea Cukai - Halte Utan Kayu Rawamangun - Halte Pemuda Pramuka - Halte UNJ - Halte Sunan Giri - Halte Velodrome - Jalan Paus - Jalan Penggambiran dan berakhir di Terminal Rawamangun.

Untuk tarif APTB itu, dipatok dengan tarif Rp12 ribu perorang. Tarif itu sudah termasuk biaya naik busway dan Kopaja yang terintegrasi jalur busway. Selain itu, penumpang juga akan mendapatkan kenyamanan, karena bus dilengkapi AC, LCD TV dan tempat duduk yang nyaman.

Rute APTB ini memiliki jarak tempuh kurang lebih 52 kilometer. Nantinya akan terintegrasi dengan Transjakarta koridor IV jurusan Pulogadung-Dukuhatas dan koridor IX jurusan Pinangranti-Pluit dengan armada yang disiapkan sebanyak 10 unit.

Sebelumnya sudah ada empat APTB yang telah beroperasi bekerja sama dengan pihak swasta. Bus APTB tersebut berjumlah 43 bus dengan kapasitas angkut 85 orang per unit bus, yang terbagi ke Jurusan Pulo gadung-Bekasi berjumlah 15 unit bus, Jurusan Poris plawad - Grogol berjumlah 10 unit Bus yang dioperasikan oleh Perum PPD. Jurusan Ciputat - Kota berjumlah 8 unit bus yang dioperasikan oleh PT. Bianglala, dan Jurusan Cibinong- Grogol berjumlah 10 unit bus yang di kelola oleh PT. Mayasari Bakti.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, Kesemua armada tersebut merupakan hibah dari pihak swasta. "sebagai gantinya mereka hanya ingin meminta izin untuk melewati jalur busway selama beroperasi" ujarnya.[bay]

(dikutip dari Inilah/kki-wied)


BERITA LA-LIN LAINNYA
Kamis, 18 Desember 2014
Lihat Berita Lainnya »