KASUS la-lin
Pemprov Bali Gunakan Teknologi Baru Atasi Kemacetan
Kamis, 12 Mei 2011

Pemprov Bali Gunakan Teknologi Baru Atasi Kemacetan
Penulis : Arnold Dhae
Kamis, 12 Mei 2011 13:48 WIB     

Pemprov Bali Gunakan Teknologi Baru Atasi Kemacetan
ANTARA/Ari Bowo Sucipto/bo
Untuk mengatasi kemacetan di Denpasar, Dinas Perhubungan Provinsi Bali akan mengaktifkan Areal Traffic Control System (ATCS).

Kepala Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali I Made Santha mengatakan, ATCS tersebut akan dipasang di empat titik kemacetan yakni pertigaan Patung Ngurah Rai, simpang Dewa Ruci Kuta, simpang Jimbaran, dan Sanur.

"Seluruh biaya operasional ATCS ini akan ditanggung APBN sebesar Rp6 miliar untuk anggaran 2011. Sedangkan untuk 2012 akan diadakan lagi untuk beberapa ruas jalan dalam Kota Denpasar yang dinilai sudah mengalami kemacetan," ujar Santha saat ditemui di Kantor Gubernur Bali, Kamis (12/5).

Menurut Santha, pemilihan tempat untuk pemasangan ATCS tersebut sudah melalui kajian terlebih dahulu karena pada 4 titik tersebut kemacetan sudah sangat parah. "ATCS sudah dipakai di Negara-negara tetangga yang tergabung dalam ASEAN dan terbukti efektif mengurai kemacetan," katanya.

ATCS merupakan sistem yang terintegrasi antara kondisi di lapangan dengan kantor pusat pemantau jalan raya. Wilayah percontohan akan diterapkan di lokasi rawan macet seperti Jalan di Bandara Ngurah Rai, Simpang Dewa Ruci, Kuta, Benoa, Sesetan, hingga Sanur, Denpasar, di perempatan sepanjang jalan By Pass Ngurah Rai. "Kami target Oktober ini sudah bisa beroperasi," ujar Santha. (OL/OL-04)

BERITA LA-LIN LAINNYA
Minggu, 21 Desember 2014
Sabtu, 20 Desember 2014
Lihat Berita Lainnya »